Senin, 05 Januari 2009

Manajemen Pengetahuan

*** MP adalah sebuah disiplin manajemen yg memperilakukan modal intelektual sebagai sebuah aset yg dpt dikelola.
-mp adl peningkatan informasi dan pengetahuan organisasi secara sisttemmatis u/ meningkatkan efektivitas perusahaan.dgn didukung o/ sdm yg berkualitas(knowlage,idea,experiente,skill)seta teknologi yg tepat guna ditambah dgn budaya(kulture) yg baik,maka peningkatan produktivitas dan kemampuan(kompeten) akan tercapai sehingga tercipta perusahaan yg baik yg dpt memenangkan persaingan bisnis.

*** Berdasarkan pengalaman dan riset,ada tiga(3) faktor kritikal yang harus diperhitungan dalam implementasi KM: faktor manusia,faktor proses, dan faktor teknologi. Untuk faktor manusia dan proses,yang harus dilakukan adalah memperkenalkan communities of practice, dimana komunitas pengguna pengetahuan mulai terbentuk sehingga terjadi sosialisasi dari pengetahuan itu sendiri. Sendiri.Selanjutnya,bisa dibentuk sebuah tim inti KM yang mempunyai tugas utama untuk menangkap dan menangkap dan melakukan kondifikasi dari berbagai pengalaman dan pelajaran. Untuk faktor teknologi, yang harus dilakukan adalah menyiapkan,mendisain,dan mengembangkan reposintori pengetahuan melalui enterprise portal.Cara ini akan mendorong kebiasaan untuk saling berbagi pengetahuan dan mencagah reinventing the whell syndrome. Selanjutnya untuk mempercepat proses knowledge sharing, dilakukan implementasi search engine melalui tools seperti Lotus Notes atau Microsoft Exchange dan menciptakan knowledge map ntuk semua kehalian yang bersifat kritikal. Cara-cara tersebut bisa diterapkan untuk berbagai perusahaan dan tidak bergantungan pada satu jenis industri saja. Pada dasarnya, implementasi KM harus selaras dengan tujuan bisnis agar mampu memberikan business benefit sebanyak mungkin.

*** Knowledge Management (KM) adalah sebuah konsep yang relatif baru yang bergerak di atas infrastruktur teknologi informasi (Internet & Intranet) yang ada. Sangat berbeda dengan dengan konsep e-commerce yang hari-hari ini sedang booming dan banyak di minati oleh orang banyak. E-commerce seperti kita rasanya sebetulnya hanyalah membuat effisien proses perdagangan yang sudah ada supaya lebih cepat dan dapat di akses dengan mudah dari segala penjuru dunia.

*** Berbeda dengan konsep-konsep effisiensi prosedur, knowledge management di fokuskan untuk menjadi seseorang / sebuah institusi agar menang dalam kompetisinya karena memiliki pengetahuan yang lebih baik daripada kompetitor-nya. Isu utama di knowledge management adalah competitiveness. Competitiveness tersebut di peroleh dengan cara mengelola pengetahuan yang kita miliki dengan baik dan effisien.

*** Dalam konsep baru - knowledge management – sebuah institusi secara sadar dan komprehensive akan mengumpulkan, mengorganize, men-share, dan menganalisa pengetahuan yang mereka miliki untuk tujuan-tujuan di masa mendatang.

*** Knowledge management sendiri merupakan sebuah proses yang kompleks, oleh karena itu tidak mungkin dapat ditangani oleh sebuah vendor saja. Untuk dapat sukses mengimplementasikan knowledge management harus secara cantik menggabungkan berbagai solusi yang ada menjadi satu kesatuan yang komprehensive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar